Pesan Trilogi dapat Triplex

Gara-gara resensi seorang Wikimuer mengenai bukuLaskar Pelangi, saya seperti mati langkah. Niat mengebet baca buku habis. Tapi Apa daya. Pertama saya ada di tengah laut, kedua kalaupun saya sampai di daratan Perth maka toko buku macam Dymocs, Borders jelas tidak akan menjual buku karya Andrea Hirata tersebut. Maka untuk memenuhi hasrat yang berkobar, sebuah toko buku online saya pilih.

Maksud hati saat kepulangan ke tanah air buku sudah jleg di depan mata. Halaman depan situs ini bertaburan pujian nan tiada kering, cepat, baru klik pesan, tahu-tahu sudah "jleg"di depan mata sehingga membuat saya Muantabz melakukan pesanan online.

Perlahan saya baca resep memesan. Saya klik Laskar Pelangi harga X rupiah, saya klik Sang Pemimpi Y rupiah, saya klik Edensor Z rupiah. Lalu ketiga petikan ini saya masukkan keranjang belanja.Upacara pesan memesan diakhiri dengan perintah beli.

Situs menjumlah tiga deret sederhana. "Jeglek" yang muncul angka kurang pas. Barangkali persamaan hasil persilangan antara Pitagoras dengan rumus membuat KTP karena menghasilkan X+Y+Z = X+X+X.

Gagal bertransaksi, saya cabut dari situs tersebut lalu setelah surfing kesana kemari entah kenapa kepingin balik ke situs awal. Kelihatannya ada sistem error pada situs tersebut. Kebetulan pikir saya, kalau ada anomali, bakalan ada berita.
Saya nekad memesan tiga buku, bahkan melunasi pembayarannya.

Ada beberapa hari email saya dijawab. Alasannya masih liburan hari Raya. Lalu seorang berinisial "D"menegaskan apa betul saya pesan tiga buku yang sama. Terang saya jawab "Tidak, saya tidak pesan tiga buku yang sama, saya pesan buku jilid 1, Jilid 2 dan Jilid3″

Email dijawab, baik pak, pesanan sudah diperbaiki.

Dua minggu setelah lebaran, terbaca SMS dari toko buku online. Buku akan dikirim besok tanggal sekian.

Takut saya tidak ada di Jakarta (lha saya kan di Bekasi), status Menunggu Cemas saya naikkan menjadi Waspada Menunggu. Ternyata buku yang dijanjikan tidak datang.

Baik kalau begitu, saya SMS kembali, dan dijawab "Maaf Penerbitnya belum kirim Buku" - Inilah hebatnya cara kita berbisnis, mulai dari karyawan tidak masuk pada saat liburan sudah usai, penerbitan yang lelet, segala macam parameter ikut ditimpakan kepada pelanggan. Jangan-jangan bertengkar dengan istri dirumah gara-gara jatah malam tidak diberikan akan mengajak pelanggan menanggung akibatnya.

Kebetulan status saya turunkan menjadi "masa bodoh" alias tidak terlalu memikirkan pemesanan, di Jakarta, sang kurir datang.

"Tolong dicek pak," katanya sambil mengendorkan jaket dan sarung tangan kulitnya.

Sebelum membuka bungkusan bersampul kertas kopi ini, saya meraba ketiga buku. "Saya merasakan ada salah kirim. Mari kita buktikan.."

Bret sampul saya buka. "Buku salah kirim. Saya pesan jilid satu, jilid dua, jilid tiga. Ini semuanya buku jilid satu sebanyak tiga buku" - sebab warna buku, ketebalan, dan judulnya sama "Laskar Pelangi."

Kurir keukueh dengan mengatakan memang ada buku dengan ketebalan dan cover sama, tetapi isinya berbeda Pak. Maka kali ini buku dibedah.

Bab I bertajuk Sepuluh Murid Baru.

Buku lainnya saya buka dan Bab I dengan tajuk serupa saya pelototkan di depan kurir.

Kali ini dia menyadari pendapatnya digugurkan.
"Saya kan cuma kurir pak! Jauh juga ya pak dari Jatinegara ke Grogol" - keluar ilmu simpanannya. Kata sakti yang bisa berarti sudah jauh dikirim masak dikembalikan, kasian dong kepada kurir yang sudah buang bensin dan waktu, maklum lebaran belum lama, pegawai masih mengantuk.

Lalu saya tanda tangani formulir berita acara, bahkan masih ada pesan khusus. Bila anda puas dengan pelayanan kami, silakan kirim testimonial ke email addres xxxxgmail.

Dan sekalipun ongkos kirim sudah tertulis 0000, maka seperti biasa saya memberikan uang puas sekedarnya. Maka sekaligus melegitimasi kesalahan dimaafkan.

Kapokkah saya dengan toko buku yang ternyata super lelet dan super salah ini. Tidak.

Saya masih kirim SMS, saya pesan Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov, tapi tidak pakai salah, tidak pakai lama.

Siapa tahu bisa bikin cerita aneh lagi.



Mimbar Saputro
30 Oct (5 days ago)
to upnvy@yahoogroups.com

date
30 Oct 2007 13:14

subject
[upnvy] Pesan Trilogi dapat Triplex

signed-by
yahoogroups.com

mailed-by
returns.groups.yahoo.com